SD Inpres Perumnas Melaksanakan Observasi Kelas untuk Mengukur Kemampuan dan Skil Guru


MAKASSAR, Deteksiplus.Id - UPT SPF SD Inpres Perumnas, Makassar melakukan observasi kelas. Kegiatan ini bertepatan  dengan  bulan Suci Ramadhan 1445 H yakni tanggal 18 Maret 2024. Ada beberapa program kegiatan selama bulan Suci Ramadan, termasuk  kegiatan observasi kelas yang pelaksanaannya di mulai hari Senin, 18 Maret 2024.yang lalu.

Arfai, S.Pd, M.Pd Kepala SD Inpres Perumnas menjelaskan, kegiatan observasi kelas dilaksanakan mulai tanggal 1 - 30 Maret 2024.. Secara umum tujuan observasi kelas adalah untuk mendapatkan data tentang segala sesuatu yang terjadi dalam proses belajar-mengajar, yang selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh itu akan dijadikan sebagai dasar dalam upaya pembinaan dan pengembangan terhadap kemampuan profesional guru.

"Observasi kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh supervisor untuk mengamati guru yang sedang melaksanakan tugasnya baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melakukan pencatatan atas kegiatannya tersebut.

Juga mengukur sejauh mana tingkat kemampuan dan skill seorang guru,dalam memberikan materi sesuai mata pelajaran yang di ajarkan di kelas," jelas Arfai.


Arfai menambahkan, selain observasi kelas, ada beberapa kegiatan lain selama bulan Suci Ramadhan 1445 H. 2024.M. Diantaranya  buka puasa bersama, tarwih dan pesantren Ramadhan. Kegiatan ini ini pusatkan di Mushallah Nurul Ilmi di dalam kompleks sekolah.

Kegiatan tanbahan  di Mushallah untuk siswa, yaitu shalat Dhuha, tadarus dan tahfids Alquran. Selama Ramadan, jam pelajaran dimajukan 30 menit, dimulai pukul 08:00 wita.

Arfai juga menjelaskan, bahwa ada keinginan komite sekolah menghibahkan mushallah Nurul Ilmi kepada pemerintah kota Makassar melalui  Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) sebagai sarana ibadah siswa dan masyarakat.

“Saat ini kita akan memantapkan pengurus mushallah karena juga digunakan oleh warga di sekitar sekolah,” jelas Arfai. (*)

Lap: Sabaruddin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال