SD Inpres Tello Baru Melaksanakan Observasi Kelas untuk Mengukur Kinerja Guru


MAKASSAR, Deteksiplus.Id - UPT SPF SD Inpres Tello Baru melaksanakan observasi kelas untuk mengukur perilaku kinerja guru sebagai bagian dari peningkatan nilai rapor sekolah.

Hal ini disampaikan Asril Wahyudi, S.Pd, M.Pd pekan lalu. Kegiatan ini bertepatan  dengan  bulan Suci Ramadhan 1445 H.

Menurut Asril, ada beberapa program kegiatan selama bulan Suci Ramadan, termasuk  kegiatan observasi kelas yang pelaksanaannya di mulai sejak, Senin, 18 Maret 2024.yang lalu.


Adapun Kegiatan-kegiatan selain observasi di antaranya, 1 April di peringati sebagai hari Kebudayaan Kota Makassar yang ke 6 dengan berbusana adat. 

Asril menjelaskan, peringatan Hari Budaya kota Makassar Sulsel  tidak terlalu banyak atraksi kegiatan mengingat bertepatan dengan bulan Puasa. Kegiatan yang pokok di  Ramadhan hanya observasi kelas yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret smpai tanggal 30 Maret 2024.


Secara umum, sambung Aaril,  tujuan observasi kelas adalah untuk mendapatkan data tentang segala sesuatu yang terjadi dalam proses belajar-mengajar, yang selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh itu akan dijadikan sebagai dasar dalam upaya pembinaan dan pengembangan terhadap kemampuan profesional guru.

"Observasi kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh supervisor untuk mengamati guru yang sedang melaksanakan tugasnya baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melakukan pencatatan-pencatatan atas kegiatannya tersebut. Juga mengukur sejauh mana tingkat kemampuan dan skill seorang guru, dalam memberikan materi sesuai mata pelajaran yang di ajarkan di kelas," pungkas Asrul.

Lap: Sabaruddin


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال