Hadiri Musrenbang di Kelurahan Bara Baraya Utara. Andi Rahmat: Verifikasi dan Validasi DTKS Sangat Penting


MAKASSAR, DETEKSIPLUS.ID - Kepala Bidang Pengendalian Bantuan Jaminan Kesejahteraan Sosial Dinsos Kota Makassar Andi Rahmat Mappatoba menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 Tingkat Kelurahan Bara Baraya Utara, Kecamatan Makassar, Selasa, (09/01/2024).

Dalam sambutannya Andi Rahmat meminta kepada RT/RW agar memaksimalkan verifikasi dan validasi DTKS secara priodik setiap bulannya.

Menurut Andi Rahmat verifikasi dan validasi DTKS sangat penting agar dapat mengusulkan warga miskin yang betul betul tidak mampu, namun belum terdaftar sebagai penerima manfaat.

Selain untuk mendata warga miskin yang belum terdaftar sebagai penerima manfaat, tujuan verifikasi dan validasi juga untuk mengajukan penghapusan warga yang sudah meninggal dunia, pindah domisili, atau sudah mampu.

“Jadi kembangkan ferivikasi dan Validasi DTKS agar bantuan tersebut dapat tersalurkan dengan baik. Usulkan wargata yang memang layak untuk menerima manfaat dari pemerintah,” tutur Andi Rahmat.

Andi Rahmat menambahkan untuk pengusulan Dinas Sosial kota Makassar telah membentuk operator di setiap Kelurahan untuk penginputan

“Jadi Dinsos melibatkan perangkat RT/RW dan kelurahan. Untuk diinput oleh operator kelurahan sesuai berita acara Muskel yang disepakati,” tuturnya.

Selanjutnya Andi Rahmat menyampaikan kepada warga masyarakat yang bersyarat untuk mendapatkan PBI segera mengurus jangan menunggu sakit dan memaksimalkan keaktifan warga mengecek kesehatannya yang telah memiliki KIS PBI utk menghindari penonaktifan.

Terakhir Andi Rahmat menyampaikan Dinas sosial kota Makassar menyediakan bantuan kain kafan bagi warga yang kurang mampu

“Yang berduka silahkan dimanfaatkan dengan melengkapi persyaratan  FC KTP dan KK yang meninggal, Surat Keterangan Tidak Mampu dr Kelurahan, FC. Surat Kematian dr Kelurahan, Surat Pengantar dr Kelurahan di tujukan kepada Kadis Sosial,” tutup Andi Rahmat.

Kegiatan Musrenbang dihadiri Camat Makassar Husni Mubarak, Lurah Bara Baraya Utara, Perwakilan SKPD, Kepala Puskesmas Bara Baraya, Bappeda, Ketua LPM, Tomas dan RT/RW Kelurahan Bara Baraya Utara. (**)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال