Plt. Kepala DKP Terima Kunjungan Tim Asian Development Bahas Kajian Kota Layak Investasi


MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar menerima kunjungan Tim Asian Development Bank (ADB), dalam rangka melakukan kajian kota layak investasi dan terkait ketahanan pangan di kota Makassar. Tim ADB diterima di ruang rapat DKP Kota Makassar, Rabu, (28/02/2024). 

Kunjungan tersebut di terima langsung oleh Plt Kadis Ketahanan Pangan Kota Makassar Dr. Alamsyah Sahabuddin, S.STP., M.Si didampingi Kabid Konsumsi Penganekaragaman Pangan Faisal, Kabid Kerawanan dan Cadangan Pangan Andi Shinta Pratiwi, Kabid Ketersediaan dan Produksi Pangan Rahmaniar Syamsul beserta staf. 

Pada kesempatan itu Alamsyah sahabuddin memaparkan bagaimana Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Ketahanan Pangan dalam mewujudkan ketahanan pangan dan menekan harga pangan. 

Seperti berkoordinasi dengan Bulog Cabang Makassar, dan melakukan pemantauan harga pangan di pasar tradisioanal serta melaksanakan pangan murah dan berkolaborasi dengan pihak swasta. 

Alamsyah Sahabuddin juga memaparkan program dan Aplikasi DKP kota Makassar untuk ketahanan pangan yaitu, 

Smart Urban Farming, adalah pemberdayaan masyarakat dan pembinaan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk melakukan budi daya tanaman produktif dengan memanfaatkan lahan yang ada di dalam lorong. 

Kemudian IATATA (Identifikasi Petakan dan Tangani) untuk mengidentifikasi titik rentan pangan dan memetakan daerah tersebut dan menanganinya 100% 

Dan ASSIPA sebuah aplikasi sistem informasi pangan bertujuan untuk memantau ketersediaan dan harga pangan di 10 pasar tradisional dan 2 di pasar modern dengan 44 komodit 100%.

Terakhir AMMOLI, merupakan kegiatan pemeriksaan hasil pangan yang ada di Lorong Wisata dan di Pasar dimana Dinas bisa memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap seluruh masyarakat.

Dia juga memperkenalkan program Pemkot Makassar yaitu Lorong Wisata yang merupakan program prioritas diharapkan dapat menjadi penguatan pangan dan mewujudkan kota Makassar Low Carbon yang melibatkan peran serta masyarakat, seperti Kelompk Wanita Tani (KWT)

“Lorong Wisata salah satu penguatan Ketahanan pangan di Kota Makassar dengan menanam tumbuhan produktif di dalam lorong, seperti cabe, sayur sayuran, bawang merah, juga melakukan budidaya ikan dan udang tawar dengan  melibatkan peran serta masyarakat yang dinamakan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan tanaman ini mampu menghijaukan lorong. 

Alamsyah Sahabuddin menambahkan jumlah Lorong Wisata di Kota Makassar kini telah terbentuk skitar 3 ribuan dan tahun 2024 akan menargetkan tambahan sebanyak 1000 Lorong Wisata.  (***)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال